MEMBUAT DATABASE KOPERASI SIMPAN PINJAM SEDERHANA - Lutfi_Najmi_STMIK_ERESHA

=========Program Study : Teknik Informatika S1=========NIM : 161011400092=========STMIK ERESHA=========

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday, April 9, 2018

MEMBUAT DATABASE KOPERASI SIMPAN PINJAM SEDERHANA

Assalamualaikum Wr.Wb

kali ini saya akan membuat Database Koperasi Simpan PinjamSederhana

Deskripsi Umum 

Sistem Aplikasi koperasi simpan pinjam ini merupakan perangkat lunak yang di gunakan untuk membantu kinerja petugas koperasi dalam melakukan pengelolaan data yang ada dalam koperasi simpan pinjam. Aplikasi ini berkaitan dengan beberapa entitas luar yaitu petugas koperasi dan Pimpinan koperasi. Anggota dapat melakukan transaksi simpan pinjam tersebut. Untuk yang belum terdaftar menjadi anggota wajib melakukan registrasi dan akan mendapatkan nomor anggota. 

kita open dulu Ms. Access,


Setelah kita membuka Ms. Access lalu kita Create Blank Dekstop database ,
isi File name , sesuai keinginan directory anda > lalu klik Create



Setelah selesai maka akan muncul tampilan default seperti diatas ,,

Selanjutnya kita akan membuat 5 table untuk koperasi Simpan Pinjam
pertama-tama beri nama tabel yang baru



Pada Tabel Pertama kita isi kan judul dengan nama Table Data Anggota
lalu kita isikan Data dengan :  kode, Nama, Alamat, Kota, Telp/Hp.



Pada Tabel Kedua kita isi kan judul dengan nama Table Data Karyawan
lalu kita isikan Data dengan :  kode, Nama, Alamat, Kota, Telp/Hp.



Pada Tabel Ketiga kita isi kan judul dengan nama Data Simpanan
lalu kita isikan Data dengan :  Kode simpan, Tanggal, Kode anggota, Kode Karyawan, Jenis simpanan, Jumlah,


Pada Tabel Keempat kita isi kan judul dengan nama Table Data Pinjam
lalu kita isikan Data dengan :  Kode Pinjam, Tanggal, Kode Anggota, Kode Karyawan , Jumlah, Status



Pada Tabel KeLima kita isi kan judul dengan nama Table Data Angsuran Peminjaman
lalu kita isikan Data dengan :  Kode Pinjam, Tanggal, Kode Anggota, Kode Karyawan , Jumlah, Status


Selanjutnya Setelah semua selesai , kita akan membuat Relationships pada setiap Tabel seperti berikut :


Klik dahulu Menu Design view pada salah satu table , lalu klik pada menu tab Design , akan terlihat menu pada ribbon > Relationships lalu klik

maka akan muncul seperti berikut


Klik add satu pada setiap Table pada list tersebut hingga muncul , lalu edit Relationships



Dengan contoh, ketentuan Left dan Right
(Left) Table data Anggota , column kode > (Right) Data Simpanan, Column Kode Anggota
(Left) Table data Karyawan , column kode > (Right) Data Simpanan, Column Kode Karyawan

maka Selesai akan seperti berikut :



Selanjunya kita akan membuat Query
dengan langkah Create > Query wizard



Maka akan tampil seperti diatas :
lalu , pilih Simple Query > lalu ok ,



Maka akan tampil seperti di atas , lalu pilih tanda >> untuk memindah semua , setelah itu , klik next , lalu finish

maka akan seperti berikut :



selanjutnya setelah seperti diatas , di ulangi juga pada
Table Data Karyawan ,
Table Data Anggota
Table Data Pinjam
Table Angsuran Pinjaman

Setelah Query telah selesai , maka kita akan membuat Form pada setiap Table nya

> Dengan cara pilih Create, form wizard. Pilih table yang akan dibuat form pada Tables/queries dan pindahkan semua field atau field yang diinginkan, lalu pilih next, next à finish.

Seperti berikut :



Selanjutnya setelah dipindah semua dan di klik next , finish , akan muncul sperti berikut



Ulangi langkah di atas untuk
Table Data Karyawan ,
Data Simpanan
Table Data Pinjam
Table Angsuran Pinjaman

Selanjutnya jika telah selesai , maka bisa di edit sesuai hati dengan menambahkan Logo dan Title pada Form
Seperti berikut



Jika semua sudah selesai selanjutnya kita membuat Navigation menu



untuk membuat klik menu Create  > Navigation > Horizontal Tabs ( bisa pilih yang lain )



maka default akan muncul seperti diatas

untuk tabs nya bisa di geser pada menu form pada sisi kiri , ke add menu

dan hasilnya akan seperti berikut :



jangan lupa untuk di simpan , lalu save dengan nama Navigation

Selanjutnya kita akan membuat Report
dengan langkah Create > Report Wizard



Sama Seperti  pembuatan form ,

dengan langkah sama , pada pemilihan table , lalu isi field , klik next , lalu finish
edit data , maka data akan seperti berikut



note : untuk edit Report , klik kanan untuk melihat optionnnya



ok selanjutnya setelah seperti diatas , di ulangi juga pada
Table Data Karyawan ,
Table Data Anggota
Table Data Pinjam
Table Angsuran Pinjaman



Next jika Report Telah selesai , selanjutnya ,,
Kita akan membuat Switch Board

pada Ms. 2013 , Switch board belum di aktifkan , maka ,
Klik “File > Options > Quick Acces Toolbar”.

Di bagian Choose commands from, sobat pilih “Commands Not in the Ribbon”. Cari “Switchboard Manager” lalu klik “Add”. Jika sudah, klik “OK”.




Sekarang icon Switchboard Manager sudah nampak di Quick Access Toolbar.




Klik icon tersebut untuk membuat Switchboard. maka akan muncul Switch board manager ,




nah kita akan membuat Switch board Koperasi Simpan Pinjam dengan
MENU UTAMA

1. Add Data
  • Use Navigation Form
2. Edit Data
  • Use Navigation Form
3. Open Report
  • Use Reportnavigation
4. Exit
  • Keluar aplikasi
maka akan seperti ini




Demikian tugas Database Koperasi Simpan Pinjam Sederhana yang saya buat, semoga sedikit bermanfaat  ,, ^^

Wassalamualaikum Wr. Wb

1 comment:

Post Top Ad

Your Ad Spot