Assalamualaikum Wr.Wb
kali ini saya akan membuat Database Koperasi Simpan PinjamSederhana
Sistem Aplikasi koperasi simpan pinjam ini merupakan perangkat lunak yang di gunakan untuk membantu kinerja petugas koperasi dalam melakukan pengelolaan data yang ada dalam koperasi simpan pinjam. Aplikasi ini berkaitan dengan beberapa entitas luar yaitu petugas koperasi dan Pimpinan koperasi. Anggota dapat melakukan transaksi simpan pinjam tersebut. Untuk yang belum terdaftar menjadi anggota wajib melakukan registrasi dan akan mendapatkan nomor anggota.
kita open dulu Ms. Access,

Setelah kita membuka Ms. Access lalu kita Create Blank Dekstop database ,
isi File name , sesuai keinginan directory anda > lalu klik Create
Setelah selesai maka akan muncul tampilan default seperti diatas ,,
Selanjutnya kita akan membuat 5 table untuk koperasi Simpan Pinjam
pertama-tama beri nama tabel yang baru
Pada Tabel Pertama kita isi kan judul dengan nama Table Data Anggota
lalu kita isikan Data dengan : kode, Nama, Alamat, Kota, Telp/Hp.
Pada Tabel Kedua kita isi kan judul dengan nama Table Data Karyawan
lalu kita isikan Data dengan : kode, Nama, Alamat, Kota, Telp/Hp.
Pada Tabel Ketiga kita isi kan judul dengan nama Data Simpanan
lalu kita isikan Data dengan : Kode simpan, Tanggal, Kode anggota, Kode Karyawan, Jenis simpanan, Jumlah,
Pada Tabel Keempat kita isi kan judul dengan nama Table Data Pinjam
lalu kita isikan Data dengan : Kode Pinjam, Tanggal, Kode Anggota, Kode Karyawan , Jumlah, Status
Pada Tabel KeLima kita isi kan judul dengan nama Table Data Angsuran Peminjaman
lalu kita isikan Data dengan : Kode Pinjam, Tanggal, Kode Anggota, Kode Karyawan , Jumlah, Status
Selanjutnya Setelah semua selesai , kita akan membuat Relationships pada setiap Tabel seperti berikut :
Klik dahulu Menu Design view pada salah satu table , lalu klik pada menu tab Design , akan terlihat menu pada ribbon > Relationships lalu klik
Klik add satu pada setiap Table pada list tersebut hingga muncul , lalu edit Relationships
Dengan contoh, ketentuan Left dan Right
(Left) Table data Anggota , column kode > (Right) Data Simpanan, Column Kode Anggota
(Left) Table data Karyawan , column kode > (Right) Data Simpanan, Column Kode Karyawan
maka Selesai akan seperti berikut :
Selanjunya kita akan membuat Query
dengan langkah Create > Query wizard
Maka akan tampil seperti diatas :
Maka akan tampil seperti di atas , lalu pilih tanda >> untuk memindah semua , setelah itu , klik next , lalu finish
selanjutnya setelah seperti diatas , di ulangi juga pada
Table Data Karyawan ,
Table Data Anggota
Table Data Pinjam
Table Angsuran Pinjaman
Setelah Query telah selesai , maka kita akan membuat Form pada setiap Table nya
> Dengan cara pilih Create, form wizard. Pilih table yang akan dibuat form pada Tables/queries dan pindahkan semua field atau field yang diinginkan, lalu pilih next, next à finish.
Ulangi langkah di atas untuk
Table Data Karyawan ,
Data Simpanan
Table Data Pinjam
Table Angsuran Pinjaman
Selanjutnya jika telah selesai , maka bisa di edit sesuai hati dengan menambahkan Logo dan Title pada Form
Seperti berikut
maka default akan muncul seperti diatas
untuk tabs nya bisa di geser pada menu form pada sisi kiri , ke add menu
jangan lupa untuk di simpan , lalu save dengan nama Navigation
Selanjutnya kita akan membuat Report
Sama Seperti pembuatan form ,
dengan langkah sama , pada pemilihan table , lalu isi field , klik next , lalu finish
note : untuk edit Report , klik kanan untuk melihat optionnnya
ok selanjutnya setelah seperti diatas , di ulangi juga pada
ok selanjutnya setelah seperti diatas , di ulangi juga pada
Table Data Karyawan ,
Table Data Anggota
Table Data Pinjam
Table Angsuran Pinjaman
Next jika Report Telah selesai , selanjutnya ,,
Kita akan membuat Switch Board
pada Ms. 2013 , Switch board belum di aktifkan , maka ,
Klik “File > Options > Quick Acces Toolbar”.
Di bagian Choose commands from, sobat pilih “Commands Not in the Ribbon”. Cari “Switchboard Manager” lalu klik “Add”. Jika sudah, klik “OK”.
Sekarang icon Switchboard Manager sudah nampak di Quick Access Toolbar.
Klik icon tersebut untuk membuat Switchboard. maka akan muncul Switch board manager ,
nah kita akan membuat Switch board Koperasi Simpan Pinjam dengan
Di bagian Choose commands from, sobat pilih “Commands Not in the Ribbon”. Cari “Switchboard Manager” lalu klik “Add”. Jika sudah, klik “OK”.
Sekarang icon Switchboard Manager sudah nampak di Quick Access Toolbar.
Klik icon tersebut untuk membuat Switchboard. maka akan muncul Switch board manager ,
nah kita akan membuat Switch board Koperasi Simpan Pinjam dengan
Terima kasih ilmunya kak
ReplyDelete